Apa itu
Technical Support Engineer?
Technical
Support Engineer adalah sebuah pekerjaan dimana kita akan berperan di area
second-layer untuk men-support aktifitas dari klien kita dalam bidang
engineering.
Pengertian
di atas setidaknya saya dapatkan dari pengalaman saya sebagai technical support
engineer.
Dalam pekerjaan
ini kita dituntut untuk dapat membantu bila klien kita atau customer kita
membutuhkan “pertolongan”.
Sebagai
technical support tentu kita juga harus memiliki pengetahuan mengenai device
atau alat yang digunakan.
Saya pribadi
tidak langsung mengenal device yang digunakan dalam pekerjaan saya. Saya harus
melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk mengenal device tersebut dan pada
akhirnya dapat menggunakan device tersebut dengan baik dan juga mengenal troubleshooting sederahana bila terjadi masalah.
Dari
pengalaman saya, seorang Technical Support akan cukup intense untuk
berkomunikasi dengan klien dan juga rekan dari klien dalam hal ini kita sebut
mereka sebagai Vendor yang langsung terjun kelapangan dan bertemu dengan
customer dari klien.
Kita pun akan banyak berkomunikasi dengan pihak vendor karena merekalah yang biasanya akan mendapatkan problem di lapangan. Namun biasanya ada pula koordinator dari Tim Vendor yang akan menjembatani kita dengan para teknisi di lapangan.
Kita pun akan banyak berkomunikasi dengan pihak vendor karena merekalah yang biasanya akan mendapatkan problem di lapangan. Namun biasanya ada pula koordinator dari Tim Vendor yang akan menjembatani kita dengan para teknisi di lapangan.
Untuk saat
ini saya lebih sering menghabiskan waktu di kantor dan sesekali turun langsung
kelapangan.
Dalam bekerja saya terkadang memiliki jadwal yang sangat padat dari pagi hingga malam, dimana terdapat banyak request dari klien atau pun dari vendor dalam menyelesaikan suatu persoalan.
Dalam bekerja saya terkadang memiliki jadwal yang sangat padat dari pagi hingga malam, dimana terdapat banyak request dari klien atau pun dari vendor dalam menyelesaikan suatu persoalan.
Disini
dibutuhkan analisa yang cukup baik agar
setiap persoalan dapat diselesaikan degan cepat. Saya pribadi masih mengalami
persoalan yang tidak terlalu rumit akan tetapi membutuhkan ketelitian dan waktu
yang terkadang cukup panjang.
Namun, dalam
suatu waktu saya pun bisa berada dalam kondisi dimana tidak ada pekerjaan sama
sekali dalam satu hari karena tidak adanya masalah yang terjadi atau belum
diperlukannya bantuan dari kita.
Menjadi
Technical Support Engineer terkadang harus bekerja pula di saat hari libur,
karena kita tidak dapat memprediksi kapan masalah itu akan muncul. Jadi, bisa dikatan pekerjaan ini tidak memiliki jam kerja yang pasti walaupun acuan jam kerjanya tetap ada.
Kita juga
harus terus belajar untuk memperbaiki kinerja kita dan beradaptasi dengan
alat-alat baru yang terus berkembang. Mengenal alat-alat yang kita gunakan akan mempercepat kita dalam menyelesaikan suatu persoalan.
Technical
Support Engineer sendiri sebetulnya memiliki cakupan yang luas, bisa berada di bidang
telekomunikasi, mesin, listrik dan lain sebaginya.
Bila kalian
ingin menadi Technical Support Engineer kalian harus memiliki kemampuan dasar setidaknya dibidang yang
kalian tekuni. Dari pengalaman saya kemampuan nya pun tidak perlu terlalu “wah”,
kemampuan yang cukup diimbangi dengan keinginan untuk terus belajar dan mau
bekerja keras akan menajadi hal yang lebih baik dan harus siap untuk meluangkan waktu di luar jam kerja normal.
Well,
bagi kalian yang berminat menjadi Technical Support Engineer..
Semoga
Sukses!!! 😊
No comments:
Post a Comment
Terima Kasih Sudah Berkunjung